13 KARAKTERISTIK MUTU PENDIDIKAN
Daftar Isi
13 Karaketristik Mutu Pendidikan |
Husaini Usman
(2006:411) mengemukakan 13 karakteristik mutu pendidikan, yaitu
:
1. Kinerja (performa)
yakni berkaitan dengan aspek fungsional sekolah, meliputi: kinerja guru dalam
mengajar, baik dalam memberikan penjelasan, meyakinkan, sehat dan rajin
mengajar, serta menyiapkan bahan pelajaran lengkap, pelayanan administratif dan
edukatif sekolah baik dengan kinerja yang baik setelah menjadi sekolah pavorit.
2. Waktu ajar (timelines)
yakni sesuai dengan waktu yang wajar meliputi memulai dan mengakhiri pelajaran
tepat waktu.
3. Handal (reliability)
yakni usia pelayanan bertahan lama. Meliputi pelayana pima yang diberikan
sekolah bertahan lama dari tahun ketahun, mutu sekolah tetap bertahan dan
cenderung meningkat dari tahun ketahun.
4. Data tahan (durability)
yakni tahan banting, misalnya meskipun krisis moneter, sekolah masih tetap
bertahan.
5. Indah (aesteties)
misalnya eksterior dan interior sekolah ditata menarik, guru menmbuat
media-media pendidikan yang menarik.
6. Hubungan manusiawi (personal
interface) yakni menjunjung tinggi nilai-nilai-nilai moral dan
profesionalisme, misalnya warga sekolah saling menghormati, demokrasi, dan
menghargai profesionalisme.
7. Mudah penggunaannya (easy
of use) yakni sarana dan prasarana dipakai. Misalnya aturan-aturan sekolah
mudah diterapkan, buku-buku perpustakaaan mudah dipinjam dan dikembalikan tepat
waktu.
8. Bentuk khusus (feature)
yakni keunggulan tertentu misalnya sekolah unggulan dalam hal penguasaan
teknologi informasi.
9. Standar tertentu (comformence
to specification) yakni memenuhi standar tertentu, misalnya sekolah telah
memenuhi standar pelayanan minimal.
10. Konsistensi (concistensy)
yakni keajengan, konstan dan stabil, misalnya mutu sekolah tidak menurun dari
dulu hingga sekarang, warga sekolah konsisten dengan perkataannya.
11. Seragam (unuformity)
yakni tanpa pariasi, tidak tercampur.
12. Mampu melayani (serviceability)
yakni mampu memberikan pelayanan prima.
13. Ketepatan (acuracy)
yakni ketepatan dalam pelayanan.
Sumber : Usman,
Husaini, dkk. 2004. Metodologi Penelitian
Sosisal.Prenada Media, Jakarta.
mantap