DAMPAK INFORMASI PRODUK TERHADAP KONSUMEN
Daftar Isi
Dampak informasi produk
terhadap konsumen ditinjau dari pendekatan psikologis
menggunakan model yang sering diterjemahkan dengan model Teori Hirarki Belajar.
Menurut model ini bahwa setiap informasi produk akan menerpa konsumen dan
akibatnya terjadi perubahan kognitif yaitu perhatian, kesadaran, pemahaman, dan
kepercayaan seseorang terhadap produk yang diiklankan. Dengan kata lain
konsumen harus memperhatikan, mengerti dan paham tentang informasi produk,
setelah berhasil tahap selanjutnya adalah perubahan komponen afektif terhadap
produk. Kesinambungan sikap mengakibatkan perubahan-perubahan komponen konatif,
dimana konsumen menunjukkan perilaku yang nyata terhadap produk yang
diinformasikan melalui iklan. Urutan proses dalam teori hirarki belajar yaitu: learn,
feel, do (belajar, merasakan, bertindak) .
Dalam teori Model The Learning
Hierarcy dijelaskan dan dicomtohkan bahwa pesan-pesan iklan Close up yang
menerpa konsumen akan menimbulkan perubahan kognitif yaitu adanya perhatian
dari konsumen, kesadaran akan keberadaan produk, pemahaman dan keyakinan
terhadap suatu produk pasta gigi close up.
Setelah terjadi perubahan kognitif
pada tahap selanjutnya adanya perubahan afektif yang mencakup sikap evaluasi, perasaan
senang atau tidak senang, setuju atau tidak setuju dan perasaan suka atau tidak
suka terhadap produk pasta gigi close up yang diiklankan.
Kesinambungan sikap konsumen
mengakibatkan perubahan komponen konatif dimana konsumen menunjukkan perilaku
yang nyata misalnya memutuskan untuk membeli produk yang diinformasikan melalui
iklan.
Posting Komentar