DEFINISI PUBLIC RELATIONS

Daftar Isi


Manusia dalam memenuhi kebutuhan sosialnya harus mengadakan hubungan dengan masyarakat, untuk itu disini penulis akan mengemukakan beberapa pengertian atau definisi tentang Public Relations atau yang lebih di  kenal dengan istilah  Hubungan Masyarakat (Humas). Dari sekian banyak definisi Public Relations yang ada, definisi dari J.C Seidel, “Public Relations Director” division of housing state of New York, berbunyi : Public Relations is the continuing process by which management endeavors to obtain goodwill and understanding of its customers, its employees and the public at large, inwardly through, self analysis and correction, out wardly through all means of expression (Public Relations adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha management untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para langganannya, pegawainya dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisa dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan) (Abdurrachman,1995: 24)
Sedangkan menurut Frank Jefkins (1992:9) definisi Humas adalah
: Sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Adapun pengertian Public Relations menurut Palapah dan Syamsudin (1983:18) adalah bahwa: Public Relations merupakan suatu bentuk spesialisasi publisistik yang bertujuan untuk memajukan saling mengerti dan kerja sama antara semua publik yang berkepentingan guna mencapai keuntungan dan kepuasan bersama.
Dengan demikian, dapat di lihat bahwa komunikasi sangat erat kaitannya dengan Humas atau Public Relations, dimana dalam menjalankan tugasnya, seorang Public Relations Officer atau petugas Humas harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan publik-publiknya guna tercapainya tujuan yang diinginkan dan akan berdampak pula pada meningkatnya citra suatu perusahaan.

Posting Komentar