DEFINISI PUBLIC RELATIONS
Daftar Isi
Manusia
dalam memenuhi kebutuhan sosialnya harus mengadakan hubungan dengan masyarakat,
untuk itu disini penulis akan mengemukakan beberapa pengertian atau definisi
tentang Public Relations atau yang lebih di kenal dengan istilah Hubungan Masyarakat (Humas). Dari sekian
banyak definisi Public Relations
yang ada, definisi dari J.C Seidel, “Public Relations Director”
division of housing state of New York, berbunyi : Public Relations is
the continuing process by which management endeavors to obtain goodwill and
understanding of its customers, its employees and the public at large, inwardly
through, self analysis and correction, out wardly through all means of
expression (Public Relations adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha
management untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para
langganannya, pegawainya dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisa
dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan
pernyataan-pernyataan) (Abdurrachman,1995: 24)
Sedangkan
menurut Frank Jefkins (1992:9) definisi Humas adalah
: Sesuatu yang merangkum
keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara
suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan tujuan spesifik
yang berlandaskan pada saling pengertian.
Adapun
pengertian Public Relations menurut Palapah dan Syamsudin (1983:18)
adalah bahwa: Public Relations merupakan suatu bentuk spesialisasi
publisistik yang bertujuan untuk memajukan saling mengerti dan kerja sama
antara semua publik yang berkepentingan guna mencapai keuntungan dan kepuasan
bersama.
Dengan
demikian, dapat di lihat bahwa komunikasi sangat erat kaitannya dengan Humas
atau Public Relations, dimana dalam menjalankan tugasnya, seorang Public
Relations Officer atau petugas Humas harus mampu menjalin komunikasi yang
baik dengan publik-publiknya guna tercapainya tujuan yang diinginkan dan akan
berdampak pula pada meningkatnya citra suatu perusahaan.
Posting Komentar