FAKTOR-FAKTOR DAN FUNGSI YANG MEMPENGARUHI TIMBULNYA BRAND AWARENESS
Daftar Isi
Ada
beberapa faktor-faktor dan fungsi yang
mempengaruhi timbulnya brand awareness yang akan kita bahas sesaat lagi.
Kesadaran merk (brand awareness) yang
merupakan salah satu unsur penting dalam pencapaian ekuitas merk suatu produk,
sudah barang tentu mendapatkan perhatian dari perusahaan dalam upaya memasarkan
produknya. Perhatian perusahaan yang tinggi atas kesadaran konsumen terhadap
merk produk mereka ini, di dasarkan atas berbagai faktor. Faktor tersebut bisa
berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan.
Aaker menjabarkan bahwa “ Kesadaran merk tersebut
bisa menjadi suatu signal dari kehadiran, komitmen dan substansi. Ketiga hal
tersebut secara tidak langsung merupakan peryataan perusahaan kepada publik
mengenai keberadaan produk mereka di pasaran. Pernyataan keberadaan produk
mereka merupakan salah satu faktor dari dalam
diri perusahaan, faktor-faktor dari dalam perusahaan yang mempengaruhi
timbulnya brand awareness adalah :
1. Perusahaan
tetap menggeluti bisnis tersebut dalam waktu lama.
2. Perusahaan
telah mengiklankan produknya secara luas
3. Perusahaan
mempunyai jaringan distribusi yang luas.
Dari
luar perusahaan terdapat beberapa hal yang merupakan faktor-faktor yang
mempengaruhi timbulnya brand awareness adalah :
a. Konsumen
melakukan pembelian ulang atas merk produk perusahaan.
b. Merk tersebut
berhasil, merk lain menggunakannya
Selain
dari faktor-faktor tersebut, brand awareness juga mempunyai fungsi-fungsi yang
mendukung tercapainya suatu ekuitas merk. Fungsi-fungsi tersebut adalah :
a. Memberikan
informasi kepada masyarakat mengenai keberadaan merk di pasaran.
b. Menarik
perhatian konsumen untuk melakukan pembeliaan serta melakukan
pengulangan-pengulangan pembelian
kembali.
c. Mempermudah menguasai
pangsa pasar apabila produk perusahaan tersebut merupakan produk perintis di
pasaran.
thanks