JENIS-JENIS BERITA YANG DISAMPAIKAN MELALUI SURAT BISNIS
Daftar Isi
Dalam
surat-menyurat bisnis ada beberapa jenis-jenis berita yang disampaikan kepada
penerima surat, yaitu:
1. Berita
yang menyenangkan (good news letters),
2. Berita
netral (neutral news letters), dan
3. Berita
yang tidak menyenangkan (bad news letters).
1. Berita Yang Menyenangkan
Surat
dengan berita yang menyenangkan atau netral paling banyak dikirim dan diterima
kebanyakan perusahaan. Karena sifat yang menyenangkan atau netral itu jenis
surat seperti ini tidak sulit untuk menyusunnya. Contoh surat netral ini adalah
surat pemberitahuan tentang penerimaan lamaran pekerjaan, pesanan pembelian
barang, persetujuan pemberian kredit.
Contoh lain surat ini adalah
pemberitahuan kepada pelanggan tentang pengiriman barang yang dipesan atau
surat kepada karyawan tentang promosi jabatan. Resiko surat dengan berita
menyenangkan atau netral ditolak permintaannya tidak besar. Surat dengan berita
menyenangkan memuat sesuatu yang diharapkan penerimanya. Oleh karena itu surat
tipe ini tidak perlu ditulis secara panjang lebar. Untuk menghemat waktu
penerima dan pengirim surat, berita yang disampaikan hendaknya ditulis secara
ringkas, tanpa ilustrasi atau penjelasan yang berkepanjangan. Dalam surat
pemberitahuan tentang pengiriman barang pesanan misalnya, penjelasan tersebut
dapat berupa pemberitahuan tentang tanggal dan cara pengiriman barang serta
kapan barang tersebut sampai di tempat pemesan. Salah satu berita menyenangkan
dalam surat bisnis adalah diluluskannya permintaan yang diajukan penerima
surat. Contohnya surat pemberitahuan tentang diluluskannya penawaran harga dan
syarat pembayaran barang yang dipesan pelanggan. Berita tentang tanggapan yang
positif ditulis secara tegas dan jelas dibagian permulaan surat.
Berita
menyenangkan lain yang banyak disampaikan perusahaan kepada pihak ketiga adalah
pemberitahuan tentang telah diterimanya pesanan barang. Banyak perusahaan
memberitahu tentang diterimanya pesanan barang dengan mengirimkan formulir
pemberitahuan standar yang telah mereka cetak sebelumnya. Walaupun
pemberitahuan dengan formulir lebih baik daripada tidak ada pemberitahuan sama
sekali, namun cara ini dirasakan terlalu lugas. Konsumen pemberi pesanan merasa
pesanan atau perusahaan mereka tidak dianggap istimewa oleh perusahaan pemasok.
Padahal pesanan barang dari konsumen merupakan sesuatu yang istimewa bagi
perusahaan manapun. Pesanan barang merupakan pendukung keberhasilan operasi
bisnis. surat resmi pemberitahuan secara individual dirasakan lebih bersahabat
oleh pemesan barang. Oleh karena itu betapa pun kecilnya jumlah pesanan barang,
surat pemberitahuan secara resmi tentang telah diterimanya pesanan barang wajib
dikirimkan. Didalamnya dijanjikan pesanan tersebut akan segera dipasok, masalah
mengenai jadual pengiriman barang juga diberitahukan. Apabila persediaan barang
sedang kosong hendaknya segera diberitahukan. Selanjutnya dijanjikan kapan
diperkirakan persediaan barang akan ada dan kapan akan dikirim. Pesanan kecil
pada hari ini akan berkembang menjadi pesanan besar pada masa mendatang.
2. Berita Netral
Surat netral tidak menyampaikan berita yang menyenangkan
maupun yang tidak menyenangkan. Termasuk surqat netral yang terbanyak
dipergunakan dalam dunia bisnis adalah surat penawaran barang, permintaan
informasi, permintaan kredit dan pesanan barang. Seperti halnya surat dengan
berita yang menyenangkan surat netral ditulis secara ringkas tetapi tegas dan
jelas. Agar penerima surat memberikan reaksi yang positif hendaknya dikemukakan
manfaat apa saja yang dapat mereka peroleh bila membeli produk yang ditawarkan.
Dalam surat tersebut dicantumkan dengan jelas harga persatuan produk (di gudang
pemasok), jenis dan jumlah potongan harga, jadwal pengiriman barang, biaya pengiriman,
syarat pembayaran, jumlah minimun pesanan (bila ada).
Permintaan informasi dilakukan baik dalam rangka riset bisnis
maupun permintaan penjelasan tentang produk yang dipasarkan atau diiklankan.
Hal penting yang perlu diperhatikan pengirim surat adalah membangkitkan minat
penerima surat untuk memberikan informasi yang diminta.perusahaan menengah dan
besar yang berhasil operasi bisnisnya banyak sekali menerima permintaan
informasi tentang produk yang mereka pasarkan. Semakin spesifik dan jelas informasi
yang diminta pengirim surat semakin mudah perusahaan yang bersangkutan
memberikan jawaban.
Permintaan
kredit. Kredit adalah salah satu sumber dana untuk mendanai
operasi bisnis sebagian besar perusahaan. Dalam hal permintaan kredit dilakukan
dengan surat , isi surat hendaknya diusahakan tidak lebih panjang dari yang
diperlukan. Didalam isi surat diutaraka jumlah kredit yang diminta, rencana
penggunaan kredit, sumber pembayaran kembali kredit, nama dan alamat
perusahaan, dan kesanggupan mempertimbangkan berbagai macam syarat yang
ditentukan calon kreditur.
Pesanan
barang. Banyak perusahaan menyediakan formulir standar pesanan
barang yang mereka pasarkan. Dalam hal ini pemesan barang mengisi formulir
tersebut dan menyerahkan kepada petugas
yang melayani pesanan. Apabila pesanan dilakukan dengan surat hendaknya
disebutkanj dengan jelas produk yang dipesan, spesifikasi produk tersebut,
standar mutu dan merek dagang, nomor katalog, jumlah satuan produk, harga
persatuan produk, tanggal dan cara pengirimkan barang, tempat tujuan pengiriman
barang, cara pembayaran dan syarat-syarat khusus yang diinginkan pemesan.
Contoh isi surat pesanan
barang (Sutojo, 2003 : 153 )
…….. Mohon barang-barang
pesanan kami yang berikut dikirimkan ke gudang kami di Jl. Ciputat Kav. 78,
Jakarta Selatan, paling lambat tanggal 15 Maret 20X3.
Harga Persatuan Jumlah Harga
Produk Nomor Katalog Jumlah Barang (Rp 000) Rp (000)
Televisi B-178-1945 18 19.350 348.300
Radio C-119-2001 24 3.755 90.120
Jumlah 438.420
Seperti telah disetujui pembayaran akan
dilakukan dengan transfer ke rekening PT Dhurmagali nomor: D0213457 di Bank
Banjarjunut, Jl. Pinangsia no. 23 A, Jakarta, dua bulan sesudah tanggal
penerimaan barang digudang tersebut diatas ………………………
3. Berita Yang Tidak Menyenangkan
Menurut
Jean Francois Manzoni (dalam artikelnya A Better Way to Deliver Bad News di
majalah Harvard Business Review, September 2002) menyampaikan berita yang tidak
menyenangkan merupakan tugas yang tidak disukai oleh manajer. Menurut beliau
hal itu disebabkan karena menyampaikan berita yang tidak menyenangkan (baik
secara lisan maupun tulisan) tidak mudah. Berita tidak menyenangkan dapat
menimbulkan salah pengertian diantara pihak-pihak yang berkomunikasi. Contoh
berita tidak menyenangkan adalah penolakan terhadap suatu permintaan, termasuk
permintaan penurunan harga barang, penurunan jumlah pembayaran panjar dan
perpanjangan masa tagihan kredit penjualan. Untuk mengurangi kekecewaan atau
sikap antipati si penerima pesan, menyampaikan berita yang menyenangkan wajib
dilakukan secara berhati-hati. Hal itu lebih diperlukan lagi bilamana hubungan
bisnis dengan penerima surat pada masa yang akan datang masih dibutuhkan.
Posting Komentar