PENGERTIAN, CIRI-CIRI DAN UNSUR ORGANISASI MENURUT PARA AHLI
Daftar Isi
Organisasi |
-
Organisasi Menurut James D.
Mooney. Organisasi adalah
bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama. James D .mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk
setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
-
Chester I bernard berpendapat
bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih
-
Stephen P. Robbinss
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
-
J.William
Schulze Menurut J.William Schulze,organisasi adalah
suatu penggabungan dari orang orang,benda benda,alat alat perlengkapan,ruang
lingkup kerja dan segala hal yang berhubungan dengannya,yang disatukan dalam
sebuah hubungan yang teratur dan sangat efektif untuk mencapai segala tujuan
yang diinginkan.
-
Drs. H Malayu S.P. Hasibuan
mengartikan organisasi sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan
pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan
bersama.
-
Dalam Kamus Administrasi
dikatakan bahwa,Organisasi adalah suatu usaha kerja sama dari sekelompok
orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Ciri-ciri
organisasi : a. Dalam organisasi terdapat sekelompok orang (dua
orang atau lebih).
b. Dalam organisasi ada kerja sama.c. Dalam organisasi ada tujuan bersama. d. Jelas tugas kedudukannya masing-masing.
b. Dalam organisasi ada kerja sama.c. Dalam organisasi ada tujuan bersama. d. Jelas tugas kedudukannya masing-masing.
Ada
beberapa tingkatan pengelompokan yang mendefinisikan prioritas sebuah tujuan
organisasi:
1. Tujuan atau Misi umum : Pernyataan luas, atau tujuan dalam skala umum yang mendefinisikan bagaimana tercipta sebuah organisasi tersebut, biasanya tidak berubah dari tahun ke tahun dan sering menjadi pernyataan pertama dalam konstitusi sebuah organisasi.
2. Tujuan adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang sebuah organisasi itu ingin di capai. Merupakan bagian dari tujuan dan misi dari sebuah organisasi, tujuan seperti ini bisa seperti ini bisa berubah dari tahun ke tahun tergantung pada kesepakatan dari kelompok tersebut.
3. Tujuan merupakan deskripsi dari apa yang harus dilakukan berasal dari tujuan, spesifik yang jelas. laporan tugas terukur untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari sebuah kelompok, biasanya memiliki jangka pendek dan batas waktu tertentu.
1. Tujuan atau Misi umum : Pernyataan luas, atau tujuan dalam skala umum yang mendefinisikan bagaimana tercipta sebuah organisasi tersebut, biasanya tidak berubah dari tahun ke tahun dan sering menjadi pernyataan pertama dalam konstitusi sebuah organisasi.
2. Tujuan adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang sebuah organisasi itu ingin di capai. Merupakan bagian dari tujuan dan misi dari sebuah organisasi, tujuan seperti ini bisa seperti ini bisa berubah dari tahun ke tahun tergantung pada kesepakatan dari kelompok tersebut.
3. Tujuan merupakan deskripsi dari apa yang harus dilakukan berasal dari tujuan, spesifik yang jelas. laporan tugas terukur untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari sebuah kelompok, biasanya memiliki jangka pendek dan batas waktu tertentu.
Secara
sederhana organisasi memiliki tiga unsur, yaitu ada orang, ada kerjasama, dan
ada tujuan bersama. Tiga unsur organisasi itu tidak berdiri sendiri-sendiri,
akan tetapi saling kait atau saling berhubungan sehingga merupakan suatu
kesatuan yang utuh.
Posting Komentar