PENGERTIAN PENILAIAN PRESTASI KERJA
Daftar Isi
Kita
akan membicarakan tentang pengertian penilaian prestasi kerja karyawan.
Penilaian prestasi kerja ini pada dasarnya merupakan salah satu faktor kunci
guna mengembangkan suatu perusahaan secara efektif dan efisien. Penilaian
prestasi kerja juga memungkinkan para karyawan untuk mengetahui bagaimana
prestasi kerja mereka, dan sejauh mana hasil kerja mereka dinilai oleh atasan.
Kegiatan penilaian ini dapat memperbaiki keputusan-keputusan personalia dan
memberi umpan balik kepada karyawan dalam pelaksanaan kerja mereka. Hal ini
akan dapat memotivasi mereka untuk kemajuan-kemajuan mereka di masa yang akan
datang.
Berdasarkan
uraian tersebut di atas, maka pelaksanaan Penilaian prestasi di dalam suatu
organisasi sangatlah penting. Karena dengan penilaian prestasi pihak manajemen
dapat mengetahui tindakan-tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
keterampilan dan mengembangkan karyawannya, sesuai dengan potensi dan
keterampilan dari karyawan tersebut.
Agar
pengertian tentang Penilaian prestasi dapat lebih mudah dipahami, disini
dikemukakan beberapa pendapat, menurut Edwin B. Flippo penilaian prestasi kerja
didefinisikan sebagai berikut:
“Performance appraisal is
that it provides information of great assistance in making and enforcing
decisions about such as promotion, pay increases, layoff and transfer.”
(Penilaian
prestasi kerja adalah sebagai penyedia informasi yang sangat membantu dalam
membuat dan menerapkan keputusan-keputusan seperti promosi jabatan, peningkatan
gaji, pemutusan hubungan kerja dan transfer.)
Sedangkan
menurut T. Hani Handoko yaitu:
“Penilaian
prestasi adalah proses melalui mana organisasi-organisasi mengevaluasi atau
menilai prestasi kerja karyawan. Dimana kegiatan ini dapat memperbaiki
keputusan-keputusan personalia dan memberikan umpan balik kepada karyawan
tentang pelaksanaak kerja mereka.”
Pengertian
penilaian prestasi kerja menurut Lloyd L. Byars dan Leslie W. Rue adalah:
“Performance appraisal is a
process of determining and communicating to an employee how he or she is
performing on the job, and ideally, establishing a plan of improvement.”
(penilaian
prestasi kerja karyawan adalah proses untuk menentukan dan mengkomunikasikan
kepada karyawan tentang bagaimana performanya dalam melakukan pekerjaannya dan
idealnya, membuat rencana untuk membangun kariernya.)
Sesuai
dengan sejumlah definisi di atas, maka pengertian penilaian prestasi kerja
karyawan dapat dipadatkan sebagai berikut:
·
Pelaksanaan penilaian prestasi kerja karyawan
sangat penting dilakukan untuk membantu pihak manajemen di dalam mengambil
keputusan mengenai pemberian bonus, kenaikan jabatan, kenaikan upah, pemindahan
maupun pemutusan hubungan kerja karyawan.
·
Penilaian prestasi kerja juga memberikan
informasi kepada karyawan tentang hasil kerja dan kualitas pekerjaannya,
sehingga menjadi indikator untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang dan
juga bagi pengembangan kariernya.
Posting Komentar